Tuesday, March 6, 2018

Cilok Cepot, Sensasi Jajanan Cilok Dengan Olahan Yang Berbeda.

Bandung, ibu kota dari Propinsi Jawa Barat yang dikenal akan keragaman kulinernya. Salah satunya Cilok. Cilok merupakan nama jajanan khas Bandung yang namanya berupa singkatan dari aCI dicoLOK. Aci merupakan istilah dalam bahasa Sunda yang berarti tepung kanji atau tepung tapioka. Dicolok artinya ditusuk. Dalam hal ini ditusuknya pakai tusuk sate. Tepung Kanji atau tepung tapioka dicampur dengan air dan bumbu penyedap. Setelah tercampur rata, adonan tepung kanji tersebut diaduk hingga kalis dan dibentuk bulat. Biasanya masyarakat akan mendapati jajanan cilok ini dimasak dengan cara dikukus, dimakan dalam keadaan masih hangat dengan menggunakan tusuk sate lalu diberi bumbu kacang.
Add caption
Namun, ada sekumpulan anak muda Bandung yang mengolah cilok dengan cara yang berbeda. Betul-betul berbeda, lho. Namanya Cilok Cepot. Cilok yang berbentuk bulat tersebut ditumis setelah dikukus. Dalam penggorengan, dimasukkan lagi semacam kerupuk aci yang digoreng setengah matang. Dengan tambahan air, bumbu penyedap dan irisan kecil daun jeruk. Aroma dari irisan daun jeruk membuat adonan terasa segar. Lalu apa yang istimewa dari Cilok Cepot? Rasa pedas yang memiliki tiga level. Hah?! Apaan, tuuuhhh?! 

Ini dia bedanya. Selain bumbu penyedap dan irisan daun jeruk, ada tiga jenis rasa pedas yang disajikan sebagai pilihan. Rasa pedas tersebut adalah Level SD alias Pedas Cemen, Level SMP alias Pedas Merana, Level SMA alias Pedas Sadis. Bagi yang tidak terlalu kuat akan bumbu pedas dapat memilih Level SD alias Pedas Cemen. Rasa pedasnya tidak terlalu keras. Jadi..sangat aman bagi yang perutnya sensitif akan rasa pedas. Bagi yang menyukai pedas yang levelnya pertengahan boleh coba Cilok Cepot dengan rasa pedas di level SMP. Lalu, bagaimana dengan rasa pedas di level SMA? Bagi pencinta pedas, silakan coba tantangan di level ini. Apalagi, bagi yang memilih rasa pedas level SMA, pedasnya bukan hanya di bumbunya tapi juga diberikan tambahan cabe agar sensasi kepedasannya makin terasa. 

Bumbu berasa pedas dengan berbagai level ini dimasukkan paling akhir saat adonan Cilok Cepot dimasak. Saat bumbu level pedas tersebut dimasukkan ke dalam alat masak, aroma pedas yang nyegak pun terasa menusuk hidung. Aroma itulah yang membuat konsumen tertarik untuk mencoba Cilok Cepot ini. Saat membuat adonan Cilok Cepot, tiap level pedas dimasak dalam wajan yang berbeda. Agar rasa dari tiga level pedas tersebut tidak tercampur satu sama lain. Cara memasak yang sangat apik.


Penasaran untuk mencoba? Kunjungilah Cilok Cepot di Jalan Kiliningan no. 18 Buah Batu Bandung. Dan setiap minggunya bisa ditemukan di area Car Free Day Buah Batu Bandung. Oh, ya..Cilok Cepot sudah menambah outletnya lho. Lokasinya di jl. Dipati Ukur no. 83 Bandung (Six Cloud Cafe). Juga hadir di car free day Dago dekat Factory Outlet Jetset. 




No comments:

Post a Comment