Wednesday, November 2, 2016

Penjual Gudeg Jogja di Bandung Dengan Kisahnya Masing-Masing



Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu ber jam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. (Sumber: wikipedia)


Ya..gudeg ikut memperkaya khasanah kuliner di kota Bandung. Penjual gudeg dapat kita temui dengan mudah. Ada gudeg yang didagangkan di pinggir jalan hanya dengan bermodalkan gerobak dan tenda sederhana. Ada juga beberapa penjual yang sengaja mendirikan tempat bersantap gudeg dengan kelas rumah makan.

Ternyata, dari masa ke masa ada cerita tentang para penjual gudeg. Almarhumah ibu saya pernah bercerita pada masa beliau masih menjadi anak kuliahan sekitar tahun 1970-an (wow..sudah lama sekali, ya), pedagang gudeg yang enak itu ada di jalan Alketeri. Lokasinya tidak jauh dari jalan Asia Afrika Bandung. Penjual gudeg banyak tersebar di kota Bandung namun tidak bisa mengalahkan rasa enaknya gudeg Alketeri. Sayangnya, gudeg tersebut sudah tidak ada dan tidak ada yang mewarisinya. Itu cerita tentang gudeg pada jaman ibu saya. 

Jaman terus berganti. Saya pun punya cerita sendiri tentang gudeg. Saat saya di bangku SMP, saya bersekolah di SMP 7 Bandung yang berlokasi di jl. Ambon. Tak jauh dari situ ada penjual gudeg yang menggunakan paviliun sebagai tempat berjualan. Lokasinya berada di jl. Banda. Dari nama jalannya pasti sudah tahu, ya gudeg apa itu. Ya..karena berlokasi di jl. Banda maka sang penjual menamakannya Gudeg Banda.
Lokasi Awal Gudeg Banda
Pada saat itu sekitar tahun 1990-an, harga gudegnya per porsi Rp. 1250 sudah termasuk nasi.  (Hmm..harga yang murah pada masanya). Pengunjungnya pun lumayan banyak. Karena keuletan dan ketekunannya, gudeg Banda akhirnya bisa menembus kelas ‘food court’ dan lebih banyak lagi konsumen yang menikmati kelezatan gudeg tersebut.
Setelah lulus SMP, saya tidak mengunjungi jl. Banda dalam waktu yang lama. Sehingga tidak mengetahui bahwa perkembangan gudeg Banda bukan hanya menembus ‘food court’ tapi sudah berpindah lokasi ke jl. Lombok dengan tempat yang lebih besar dari tempat di jl. Banda. It’s amazing!!! Awalnya berjualan gudeg di paviliun hingga memiliki tempat baru yang lebih besar. Bolehlah berbangga bahwa saya dan teman-teman seangkatan merupakan saksi hidup sejarah gudeg Banda. 
 
Lokasi Gudeg Banda Sekarang

Selain gudeg banda, di daerah tempat tinggal saya –Gunung Batu, Pasteur- ada juga penjual gudeg yang enak. Namanya Gudeg Yu Nap. Berlokasi di Komplek Perumahan Cipta Mas Gunung Batu. Mengambil tempat di area gerbang komplek, warung gudeg Yu Nap ditata dengan apik. Mulai berjualan sejak awal tahun 2000-an, gudeg Yu Nap bukan hanya menyediakan menu gudeg. Ada juga buntil dan semur jengkol. (Heuheu..). Yang paling mantap, rasa sambalnya itu, lho..maknyuss!!!

Gudeg Yu Nap


Tempat Makan Yang Asri di Gudeg Yu Nap


Warung gudeg Yu Nap bisa menjadi pilihan alternatif bagi penyuka gudeg. Apalagi suasana warungnya yang dilengkapi tempat makan yang cantik membuat pengunjung betah berlama-lama. Serasa di rumah sendiri. 


Selain gudeg Yu Nap, ada juga gudeg Bu Ayem. Lokasinya di pinggir jalan Gunung Batu sebrang jalan Mentor. Gudeg bu Ayem mulai berjualan di tahun 2011. Awalnya, gudeg ini berjualan mulai jam 10.00 pagi sampai jam 14.00. Dikarenakan pembeli makin banyak dan banyak juga yang datang saat jam makan siang, akhirnya buka lebih pagi yaitu mulai jam 07.00 sampai jam 16.00. Menu ayam dan tempe bacemnya membuat ketagihan. 





Melihat jam operasional yang ditambah, ada tanda-tanda gudeg ini pun sedang mengalami perkembangan dan bukannya tidak mungkin akan menjadi warung gudeg yang besar seperti warung gudeg yang saya sebutkan sebelumnya. Well...let’s see.
Nah..itulah cerita saya tentang gudeg yang ada di Bandung. Gudeg memang bukan makanan asli kota Bandung. Namun kehadirannya tidak dipungkiri makin memperkaya keragaman kuliner kota Bandung. 

Kerecek




Nangka

No comments:

Post a Comment