Wednesday, November 2, 2016

Jajanan Jaman Dulu Yang Masih Eksis



Di tengah maraknya jenis-jenis jajanan baru yang bermunculan, ada beberapa jajanan klasik yang masih eksis. Terbuat dari adonan tepung terigu dan adonan tepung beras, jajanan tersebut masih dicari konsumen terutama yang ingin bernostalgia akan jajanan di masa kecil. Biasanya jajanan tersebut banyak terdapat di pasar tradisional dan dijajakan di gerobak kecil atau memakai pikulan sederhana.  Lalu...apa sajakah jajanan tersebut?

1. Kue Cubit
Kue yang dimasak dalam loyang yang memiliki bagian-bagian kecil dengan beragam bentuk terbuat dari adonan yang berisi campuran tepung terigu, telur dan gula pasir. Diberi taburan coklat meses diatasnya, kue cubit yang memiliki tekstur yang empuk ini bisa jadi menu cemilan di sore dan pagi hari. Dinamakan kue cubit karena saat diambil dari loyang menggunakan jepitan kue.

Kue Cubit.    Foto: Dok. Pribadi



      
      
      2. Kue Balok

Dinamakan kue balok karena dimasak dalam loyang yang memiliki bentuk persegi panjang yang berjejer. Sama halnya dengan kue cubit, kue balok terbuat dari adonan campuran tepung terigu, telur dan gula pasir. Bedanya,  kue balok memiliki tekstur yang sedikit keras. Untuk rasa, kue balok memiliki tiga rasa: rasa vanila, rasa pandan dan rasa coklat.

Kue Balok. Foto:Dok. Pribadi



      
      3. Kue Bandros

Kue Bandros terdiri dari dua rasa. Rasa manis dan rasa asin. Kue bandros rasa manis terbuat dari adonan campuran tepung terigu, telur, gula pasir dan ragi instan. Sedangkan kue bandros rasa asin terbuat dari adonan campuran santan, tepung beras dan sedikit kelapa parut.
Dimasak dalam loyang yang memiliki bentuk setengah lingkaran yang berjejer. Saat menuangkan adonan dalam cetakan, terkadang adonannya dituangkan dalam jumlah banyak hingga menutupi cetakan. Hal ini dilakukan agar bandros yang sudah matang saling menempel satu sama lain dan tidak harus dikeluarkan satu per satu. Saat adonan dalam keadaan setengah matang, diberi taburan coklat meses bagi kue bandros rasa manis. Kue bandros rasa asin diberi taburan gula pasir saat sesudah dikeluarkan dari cetakan. Sajikan kue bandros dalam keadaan masih hangat.

Kue Bandros Manis. Foto: Google

   


 
Kue Bandros Asin. Foto: Google








4. Kue Ape
Kue yang menyerupai kue serabi ini terbuat dari adonan tepung beras, air daun suji dan pasta pandan. Dimasak dalam loyang berupa wajan kecil. Tampilan kue ape dibuat tebal di bagian tengah dan tipis di bagian pinggirnya. Tekstur yang tebal dan empuk di bagian tengahnya membuat kue ape menjadi salah satu cemilan favorit saat ngopi bersama teman atau keluarga. 

Kue Ape. Foto: Dok. Pribadi

Begitu beragamnya kue jajanan jaman dulu. Saking banyak ragamnya, tidak semua kue dapat diulas disini. Semoga empat jenis kue tersebut dapat mewakilinya.

No comments:

Post a Comment