Wednesday, November 2, 2016

Pempek Palembang, Makanan Khas Palembang Yang Memperkaya Kuliner Bandung



Pempek merupakan makanan khas Palembang yang sudah sangat dikenal. Selama ini diketahui bahwa bahan utama pembuat pempek adalah ikan tenggiri. Di awal sejarahnya, pempek terbuat dari ikan belida. Namun karena harganya yang cenderung tinggi, akhirnya ‘memaksa’ para pengusaha pempek untuk menggantinya dengan bahan yang berharga lebih ekonomis agar dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Ikan Belida

Pempek memiliki bentuk yang beragam. Yang paling terkenal adalah pempek kapal selam. Selain pempek kapal selam, ada juga pempek lenggang, pempek lenjer, pempek adaan/ pempek bulat dan pempek keriting. Ternyata kulit dari ikan pun dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan pempek. Maka dari itu ada pempek kulit.



Banyaknya orang asli Palembang yang merantau keluar daerahnya disertai pula dengan makanan khasnya. Jadinya sangatlah mudah untuk mendapatkan pempek dimanapun kita berada. 
 
Foto: Dok. Pribadi




Di kota Bandung ada beberapa brand penjual pempek yang sangat terkenal. Yang pertama adalah Pempek Rama. Dinamakan Pempek Rama karena berlokasi di jalan Rama, Pajajaran. Selain pempek rama, ada juga Pempek Pak Raden. Entah apa sebabnya dinamakan pempek Pak Raden. Yang pasti dua nama itu merajai penjualan pempek di kota Bandung.
Pempek Rama dan Pempek Pak Raden awalnya berjualan menggunakan halaman dan garasi rumah tinggal. Karena rasanya yang enak, tidaklah heran kedua merek pempek itu sering dikunjungi konsumen dan lambat laun membuka cabang di beberapa tempat.


Pempek Rama. Foto: Dok. Pribadi


 
Pempek Pak Raden. Foto: Dok. Pribadi


Selain dua nama tersebut, ada satu lagi penjual pempek yang sekarang ini sedang mengalami perkembangan. Pempek Bang Rico!! Awalnya, penjual pempek ini menggelar dagangannya di pinggiran gedung Bandung Electronic Centre (BEC). Berjualan dengan memakai gerobak yang dilengkapi tenda sederhana disertai dengan meja panjang dan kursi-kursi plastik, pempek Bang Rico sukses menarik konsumen untuk datang...dan datang lagi. Tidaklah heran, pempek Bang Rico sekarang ini memiliki tiga kios di daerah jl. Purnawarman ditambah satu toko mobil di jl. Katamso. 








Tak bisa dipungkiri, pempek memang bukan makanan khas Bandung. Namun dengan banyaknya para penjual pempek, makin memperkaya keragaman kuliner di kota Bandung.
Hayo...sudah mencoba pempek yang mana, nih? Yang pasti, setiap penjual pempek memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan karakter konsumen yang bermacam-macam. Apapun pilihanmu, tidak mengurangi kenikmatan dalam merasakan makanan khas Palembang ini.

No comments:

Post a Comment