Saturday, September 10, 2016

Sajian Pasta Lasagna dan Pasta Fettuccine Carbonara di Kuliner Bandung

Hidangan Pasta. Apakah itu? Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. (Sumber: wikipedia) Bagi orang Indonesia, mereka lebih familiar dengan jenis pasta berupa makaroni dan spaghetti. Padahal pasta jenisnya beragam, lho. Selain dua jenis pasta yang sudah saya sebutkan, ada juga fettucine, lasagna, fusili, penne, rigatoni dan sebagainya. 

Dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang lasagna dan fettucine.

1. Lasagna

Lasagna Bolognese

Lasagna, bagi sebagian orang nama ini masih terdengar asing. Namun bagi penggemar masakan Italia, lasagna sangat familiar. Sebenarnya apa sih lasagna itu?

Lasagna atau lasagne adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia, Berbentuk lembaran tipis dengan panjang sekitar 27 cm dan lebar 5 cm yang diberi isi dan disusun sampai 7 lapis. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Selain daging bisa juga diisi sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya.

Lembaran Lasagna Mentah
Kulit lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, dipanggang sampai matang. Lasagna dapat dijumpai dalam tiga warna, yaitu kuning untuk hidangan panggang, merah untuk hidangan dengan saus tomat, dan hijau yang cocok dipadukan dengan aneka sayuran.(sumber: tabloidnova.com)

Pertama kali tahu tentang lasagna karena seorang teman lama membuat lasagna di rumahnya. Sebagai seorang ibu rumah tangga, banyak sekali waktu luang dan itu digunakan untuk berkreasi dengan hidangan yang satu ini.

Secara umum, lasagna dimasak dengan cara dipanggang. Namun, ibu yang satu ini memasaknya dengan cara dikukus. Lasagna kukus kreasinya sangat enak. Diberi isian daging cincang dan saus bolognese. Tak kalah dengan lasagna buatan Itali. Tak heran, lasagna yang diberi label My Lasagna disukai banyak orang.
Padahal, awalnya hanya untuk mengisi waktu dan dikirimkan ke sanak famili. Itulah sekilas cerita tentang lasagna kukus buatan rumah.

My Lasagna by Rahmi

Satu hari, saya menghadiri acara reuni kecil-kecilan dengan teman semasa SD. Bertempat di satu tempat makan yang berlokasi di Jl. RE Martadinata. Setelah ber say hello, saya dan teman-teman memesan makanan yang ada dalam daftar menu.
Lasagna Smoked Beef and Cheese

Salah satu menunya adalah lasagna. Ada dua jenis lasagna. Lasagna bolognese dan Lasagna Smoked Beef and Cheese.  Saya pilih yang kedua. Daaannnn.....akhirnya pesanan pun datang. Lasagna yang dimasak dengan cara dipanggang itu ternyata enak juga. Tidak terlalu banyak daging dalam lapisannya. Bagi yang tidak suka daging, lasagna ini sangat direkomendasikan.

Saatnya beralih ke topik mengenai pasta yang lainnya yaitu fettucini. Wow!!! Pasta seperti apakah itu?



2. Fettucini

Fettuccine Mentah
Fettuccine yang dalam bahasa Italia berarti "pita kecil" adalah jenis pasta yang populer di masakan Romawi. Fettucine juga memiliki bentuk yang sama seperti kwetiau. Fettucine berukuran tebal datar yang terbuat dari telur dan tepung. Fettuccine secara tradisional dibuat segar, tetapi fettuccine kering juga bisa dibeli di toko-toko. (Sumber: tabloidnova.com)
Fettucini Carbonara Papa Del's Pasta House



Pertama kali merasakan fettucini saat window shopping di salah satu pusat perbelanjaan di kota Bandung. Ingin melepas lelah, food court pun dituju. Ada banyak tenan disana. Rata-rata menunya serupa tapi tak sama. Hhhmmm...maksudnya serupa tapi tak sama..menunya antara nasi, mie baso, ayam goreng. Dengan harga dan tampilan yang berbeda. Akhirnya pilihan jatuh pada Papa Del's pasta house. Tenan ini dipilih  karena menunya serba pasta dan penasaran ingin mencoba menu fettucini carbonara. Ini adalah pasta fettucini yang disiram saus carbonara. Saus Carbonara adalah saus telur, keju dan daging.(Sumber: wikipedia.com)





Setelah menunggu beberapa saat, fettucini carbonara pun dihidangkan. Tampilannya sih sangat sederhana. Diberi potongan roti kering. Seperti apa rasanya? Mamamia!!!! It's so delicious. Porsinya sedikit tapi bikin kenyang. Harga terjangkau, perut pun terisi. Konsumen puas!!!.
  
Fettucini Carbonara FatCow

Sampai akhirnya saya mengunjungi salah satu supermarket ternama di Jl. RE Martadinata untuk berbelanja keperluan bulanan. Selesai berbelanja, terasa lapar dong. Yuk, cari tempat jajan. Tak perlu jauh-jauh. Ada food court. Tak disangka, ada tenan yang menyediakan menu fettucini carbonara. Apalagi, tenan tersebut sedang mengadakan promo untuk menu tersebut. Tanpa berpikir dua kali, saya pun memesan menu tersebut. Setelah pesanan dihidangkan, tampilannya cantik sekali. Bagaimana dengan rasanya? Enak sekali. Harganya? Murah sekali. Ingin mencoba lagi? Ingin berkali-kali. ;D 


Pokoknya...yang namanya cerita tentang makanan dan jajanan tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi Bandung kaya akan keragaman kulinernya. Belum ke Bandung kalau belum menjajal menu kulinernya.


 












No comments:

Post a Comment